FTP dan Sejarahnya

>>>

Selain HTTP, kita juga mengenal istilah FTP. Pertanyaanya, apakah FTP itu dan apa pula fungsinya dan apakah antara FTP dan HTTP itu sama atau berbeda?

Apakah pengertian FTP?

FTP singkatan dari File Transfer Protocol, adalah sebuah protokol internet yang berjalan dalam lapisan aplikasi, merupakan standar untuk pentransferan data dalam sebuah internetwork.

Apa kegunaan FTP?

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download dan upload data antara klien FTP dan server FTP.

Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah FTP ke server FTP, sementara server FTP adalah Windows Service yang berjalan di sebuah komputer yang merespons perintah dari klien FTP.

Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, upload data ke server FTP, serta download data dari server FTP.

Bagaimana cara kerja FTP?

Server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuat sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.

Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) mengizinkan klien mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut.

Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data saat proses download atau upload.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload data yang kehendaki.

Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat file, membuat direktori, dan bahkan menghapus file. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

>>> dikutip dari berbagai sumber, silahkan memberi komentar, saran dan masukan - masih taraf belajar.

Masuk ke sini juga ya..??..



No comments:

Post a Comment