Web dan Sejarahnya

>>>

Web, website, atau www, sebuah istilah yang sangat sering kita ucapkan dan sangat sering kita gunakan. Setiap kali membicarakan web, website atau www, kita selalu mengidentikkan dengan internet. Lalu, apakah sebenarnya web, website atau www itu? Apakah sama dengan internet?

Apa sebenarnya web itu?

Web, website atau www (World wide web) - selanjutnya kita sebut web saja - merupakan aplikasi internet yang paling populer yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, web menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Begitu terkenalnya istilah web kadang dicampuradukkan dengan istilah internet, walaupun pengertian web dan internet sebenarnya berbeda. Web adalah sistem pengiriman dokumen di internet.

Bagaimana sejarah web?

Sejarah web dimulai pada bulan Maret 1989 ketika Tim Berner-Lee yang bekerja di CERN (Consei European pour la Recherce Nuclaire) yang berada di Genewa, Swiss, mengajukan protocol (suatu tata cara untuk berkomunikasi) system distribusi internet yang digunakan untuk berbagi informasi di antara para fisikawan. Jadi, tujuan awalnya adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi materi penelitian.

Protokol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protocol World Wide Web dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Sebagaimana diketahui, W3C adalah konsorsium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web.

Bagaimana perkembangannya?

Web dengan cepat berkembang, pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web. Kurang lebih 30% dari server web saat ini berada di komputer dalam domain komersil, web hampir sama pentingnya dengan telpon atau faks untuk komunikasi bisnis.

Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.

>>>dikutip dari berbagai sumber, silahkan memberi komentar, saran dan masukan - masih taraf belajar.

Masuk ke sini juga ya..??..



No comments:

Post a Comment